Etika Bisnis Norma & Etika Dalam Pemasaran, Produksi, Manajemen SDM, & Keuangan (Financial)
Etika Bisnis Norma & Etika Dalam Pemasaran, Produksi, Manajemen SDM, & Keuangan (Financial)
Tugas Kelompok 3
Anggota: - Arsyan Hidayat
           
- Cornelius F.S
               - Indah Fajarwati
        - Nadya Tyas
PENDAHULUAN
   
Sumber daya adalah segala sesuatu yang merupakan aset perusahaan untuk 
mencapai tujuannya. Sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat 
dikategorikan atas empat tipe sumber daya, seperti Finansial, Fisik, 
Manusia dan Kemampuan Teknologi. Sumber daya finansial merupakan salah 
satu unsur penting dalam rangka membentuk perusahaan yang maju dan terus
 berkembang karena berhubungan dengan saham yang merupakan modal utama 
dalam membangun sebuah perusahaan dan mengembangkan serta melanjutkan 
perusahaan tersebut. Sumber daya fisik merupakan sumber daya yang 
menyangkut penunjang secara fisik berdirinya suatu perusahaan seperti 
alat-alat kelengkapannya. Sumber daya manusia merupakan sektor sentral 
dan penting dalam rangka pencapaian tujuan di suatu perusahaan, karena 
dengan adanya kemampuan skill para pekerja dan kualitas sumber daya 
manusia dapat menggerakan perusahaan dengan baik dan benar. Kemampuan 
teknologi juga merupakan unsur penunjang penting dalam menggerakan 
perusahaan, karena dengan adanya kelengkapan teknologi dan kecanggihan 
teknologi akan memudahkan berjalannya suatu perusahaan. Dari keempat 
sumber tersebut aspek yang terpenting yaitu manusia, karena manusia 
merupakan penggerak terpenting dalam perusahaan. Maju dan tidaknya 
perusahaan tergantung pada pengelolaan sumber daya manusia ini dapat 
dilakukan dalam suatu perusahaan itu atau oleh suatu departemen 
tertentu.
   Dan Etika adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai 
yang menegaskan tentang benar dan salah. Sedangkan produksi adalah suatu
 kegiatan menambah nilai guna barang dengan menggunakan sumber daya yang
 ada Etika Produksi adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai 
yang menegaskan tentang benar dan salahnya hal hal yang dikukan dalam 
proses produksi atau dalam proses penambahan nilai guna barang. Etika 
pemasaran berkaitan dengan prinsip-prinsip moral di balik operasi dan 
regulasi pemasaran. Tanggung jawab sosial Seorang manajer pemasaran 
meliputi pengembangan program pemasaran dan meningkatkan kesadaran dan 
penerimaan ide-ide dan praktek-praktek sosial. 
ISI
1. Pasar & perlindungan konsumen
   
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, 
hubungan sosial dan infrastruktur di mana usaha menjual barang, jasa dan
 tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa 
yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. 
Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan 
yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.
Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari 
perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan 
setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada
 setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, 
jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia,
 serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan
Perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk 
melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Sebagai contoh, para penjual 
diwajibkan menunjukkan tanda harga sebagai tanda pemberitahuan kepada 
konsumen.
2. Etika Iklan
   
istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal 
kata“etika”yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. 
Ethosmempunyai banyak arti yaitu: tempat tinggal yang biasa, padang 
rumput, kandang, kebiasaan atau adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, 
cara berpikir. Sedangkan artita ethayaitu adat kebiasaan.
Arti dari bentuk jamak inilah yang melatarbelakangi terbentuknya istilah
 Etikayang oleh Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. 
Jadi, secara etimologis (asal usul kata), etika mempunyai arti yaitu 
ilmu tentang apa yang biasa dilakukanatau ilmu tentang adat 
kebiasaan.Menurut Thomas M. Garret SJ (1961 : 1), iklan dipahami sebagai
 aktivitas–aktivitas yang lewatnya pesan–pesan visual atau oral 
disampaikan kepada khalayak dengan maksud menginformasikan atau 
memengaruhi mereka untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi, atau 
untuk melakukan tindakan-tindakan ekonomi secara positif terhadap 
idea-idea, institusi-institusi ataupribadi-pribadi yang terlibat di 
dalam iklan tersebut.
3. Privasi Konsumen
   
Kerahasiaan/ privasi  (Bahasa Inggris: privacy) adalah kemampuan satu 
atau sekelompok individu untuk menutup atau melindungi kehidupan dan 
urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi 
mengenai diri mereka. Privasi kadang dihubungkan dengan anonimitas 
walaupun anonimitas terutama lebih dihargai oleh orang yang dikenal 
publik. Privasi dapat dianggap sebagai suatu aspek dari keamanan.
Privasi konsumen Sebagai suatu kemampuan untuk mengontrol interaksi, 
kemampuan untuk memperoleh pilihan pilihan atau kemampuan untuk mencapai
 interaksi seperti yang diinginkan. privasi jangan dipandang hanya 
sebagai penarikan diri seseorang secara fisik terhadap pihak pihak lain 
dalam rangka menyepi saja.
4. Multimedia Etika Bisnis
  
Salah satu cara pemasaran yang efektif adalah melalui multimedia. Bisnis
 multimedia berperan penting dalam menyebarkan informasi, karena 
multimedia is the using of media variety to fulfill commu¬nications 
goals. Elemen dari multimedia terdiri dari teks, graph, audio, video, 
and animation. Bicara mengenai bisnis multimedia, tidak bisa lepas dari 
stasiun TV, koran, majalah, buku, radio, internet provider, event 
organizer, advertising agency, dll. Multimedia memegang peranan penting 
dalam penyebaran informasi produk salah satunya dapat terlihat dari 
iklan-iklan yang menjual satu kebiasaan/produk yang nantinya akan 
menjadi satu kebiasaan populer. Sebagai  saluran komunikasi, media 
berperan efektif sebagai pembentuk sifat konsumerisme.
Dalam penggunaan multimedia ini agar pelaku bisnis itu beretika tentunya
 harus ada batasan-batasan aturan yang dibuat oleh pemerintah, seperti 
larangan penggunaan multimedia yang menjurus kepada SARA, atau yang 
bersifat membahayakan kepentingan masayarakat umum. Sehingga siapa yang 
melanggar akan dikenakan sanksi hokum yang berlaku. Etika berbisnis 
dalam multimedia didasarkan pada pertimbangan:
1.     Akuntabilitas perusahaan, di dalamnya termasuk corporate 
governance, kebijakan keputusan, manajemen keuangan, produk dan 
pemasaran serta kode etik.
2.      Tanggung jawab sosial, yang merujuk pada peranan bisnis dalam 
lingkungannya,   pemerintah   lokal   dan   nasional,   dan   kondisi   
bagi pekerja.
3.    Hak dan kepentingan stakeholder, yang ditujukan pada mereka yang
 memiliki andil dalam perusahaan, termasuk pemegang saham, owners, para 
eksekutif, pelanggan, supplier dan pesaing.
5. Etika Produksi
Definisi etika secara sederhana adalah studi mengenai hak dan kewajiban 
manusia, peraturan moral yang dibuat dalam pengambilan keputusan dan 
sifat alami hubungan antar manusia dan alam.
Etika Produksi adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang 
menegaskan tentang benar dan salahnya hal hal yang dikukan dalam proses 
produksi atau dalam proses penambahan nilai guna barang. Maka etika 
produksi yang diperhitungkan adalah:
1.      Nilai (aturan main yang dibuat pengusaha dan menjadi patokan berbisnis).
2.      Hak dan kewajiban (Menerima dan menggaji karyawan, membayar pajak dan sebagainya).
3.     Peraturan moral (Peraturan moral menjadi acuan tertulis yang 
sangat penting bagi pengusaha ketika mengalami dilema atau permasalahan,
 baik internal atau eksternal).
4.   Hubungan manusia (memprioritaskan perekrutan karyawan dari masyarakat di sekitar perusahaan, menghargai hak cipta, dll).
5.     Hubungan dengan alam (ikut mengelola lingkungan hidup dan mengelola limbah sisa hasil produksi).
6. Pemanfaatan SDM
          Dalam pengertian sehari-hari, Sumber Daya Manusia (SDM) lebih 
dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu 
organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para 
praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Dalam pemanfaatan SDM, permasalahan yang masih dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
1.      Kualitas SDM yang sebagian besar masih rendah atau kurang siap memasuki duniakerja atau dunia usaha.
2.      Terbatasnya jumlah lapangan
3.      Jumlah angka pengangguran yang cukup tinggi.
7. Etika Kerja
   
Etika kerja adalah sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh 
karyawan perusahaan, termasuk pimpinannya dalam pelaksanaan kerja 
sehari-hari. Perusahaan dengan etika kerja yang baik akan memiliki dan 
mengamalkan nilai-nilai, yakni : kejujuran, keterbukaan, loyalitas 
kepada perusahaan, konsisten pada keputusan, dedikasi kepada 
stakeholder, kerja sama yang baik, disiplin, dan bertanggung jawab.
8. Hak-Hak Pekerja
Terdapat 8 hak – hak dasar pekerja, yaitu :
1.      Hak dasar pekerja dalam hubungan kerja
2.      Hak dasar pekerja atas jaminan sosial dan K3 (keselamatan                dan kesehatan kerja)
3.      Hak dasar pekerja atas perlindungan upah
4.      Hak dasar perkerja atas pembatasan waktu kerja, istirahat, cuti          dan libur
5.      Hak dasar untuk membuat perjanjian kerja bersama (PKB)
6.      Hak dasar mogok
7.      Hak dasar khusus untuk pekerja perempuan
8.      Hak dasar pekerja mendapat perlindungan atas tindakan                     pemutusan hubungan kerja (PHK)
9. Hubungan Saling Menguntungkan
   
Prinsip Saling Menguntungkan (Mutual Benefit Principal) Prinsip ini 
menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan 
semua pihak. Jadi, kalau prinsip keadilan menuntut agar tidak boleh ada 
pihak yang dirugikan hak dan kepentingannya, prinsip saling 
menguntungkan secara positif menuntut hal yang sama, yaitu agar semua 
pihak berusaha untuk saling menguntungkan satu sama lain.
10. Persepakatan Penggunaan Dana
   
Pengelola perusahaan mau memberikan informasi tentang rencana penggunaan
 dana sehingga penyandang dana dapat mempertimbangkan peluang return dan
 resiko. Rencana penggunaan dana harus benar-benar transparan, 
komunikatif dan mudah dipahami. Semua harus diatur atau ditentukan dalam
 perjanjian kerja sama penyandang dana dengan alokator dana.
KESIMPULAN
   
Etika adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan
 tentang benar dan salah. Sedangkan produksi adalah suatu kegiatan 
menambah nilai guna barang dengan menggunakan sumberdaya yang ada Etika 
Produksi adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang 
menegaskan tentang benar dan salahnya hal hal yang dikukan dalam proses 
produksi atau dalam proses penambahan nilai guna barang. 
   
Etika pemasaran berkaitan dengan prinsip-prinsip moral di balik operasi 
dan regulasi pemasaran. Tanggung jawab sosial Seorang manajer pemasaran 
meliputi pengembangan program pemasaran dan meningkatkan kesadaran dan 
penerimaan ide-ide dan praktek-praktek sosial.  Dapat ditarik garis 
besar dari pengertian Etika Produksi dan Etika Pemasaran, bahwa semua 
hal baik dalam produksi dan pemasaran memiliki aturan yang jelas dan 
tidak boleh menyalahi aturan. Sebab segala sesuatu di negara ini telah 
diatur oleh undang-undang yang ditetapkan oleh pemerintah dan perusahaan
 itu sendiri.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
https://id.wikipedia.org/wiki/Perlindungan_konsumen
http://tugasmarkom.blogspot.co.id/2013/03/etika-periklanan-di-indonesia_6996.html
http://anisahnisa15.blogspot.co.id/2017/05/tugas.htm
saudara-saudara
BalasHapusSaya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
.(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC
Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah
Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com