Pemasaran Global di Indonesia

Nama      : Cornelius Ferdinand Suryo

Npm        : 11215535

Kelas       : 4EA15

                               Pemasaran Global


Pemasaran Global adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. Bagi para pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi cambuk yang melecut semangat untuk memecahkannya sehingga usaha dapat semakin berkembang dan maju. Karakter semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet pengelola perusahaan di Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang hasilnya memang super.

 * Manajemen Pemasaran Global adalah Disiplin ilmu universal dapat diterapkan di mana saja, baik di Amerika atau di Jepang.Kebiasaan pemasaran bervariasi dari satu negara ke negara lain. Konsep Pemasaran : Sekitar tahun 1960 konsep pemasaran strategis, dengan konteks lingkungan eksternal yang lebih luas spt pelanggan, persaingan, kebijakan dan peraturan pemerintah, ekonomi secara luas, dan tekanan ekonomi makro yang membentuk evolusi pasar. Selain itu tujuan pemasaran yang berubah secara drastis, dari laba ke keuntungan bagi pemercaya (stakeholder) Tiga Prinsip Pemasaran1. Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai2. Keunggulan Kompetitif atau Diferensial3. Fokus Pentingnya Pemasaran Global Pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global.


Adapun manfaat pemasaran global adalah sebagai berikut ini :

1. Pertumbuhan
Pertumbuhan dalam pemasaran global adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar untuk membeli produk yang di jual baik secara manfaat ekspor dan impor. Pertumbuhan suatu masyarakat bergantung dengan jual beli daerah setempat dan pemasukan yang terjadi disana. Jika banyak pemasukan maka pertumbuhan ekonomi akan berjalan dengan lancar dan menunjukkan grafik yang naik dari tahun ke tahun. Pertumbuhan karena pemasaran global ini akan menguntungkan pengusaha untuk memajukan usahanya.

2. Bertahan hidup
Manfaat pemasaran global salah satunya juga adalah untuk bertahan hidup. Bertahan hidup untuk memenuhi kebutuhan primer masyarakat. Disini pengusaha di minta untuk dapat memunculkan ide – ide baru saat kebertahanan hidup tidak memadai untuk masyarakat. Banyak masyarakat yang sangat memerlukan pemasaran global untuk dapat hidup lebih baik.

3. Meningkatkan kompetensi
Pemasaran global juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pengusaha untuk terus mencari ilmu – ilmu baru dalam menjual produk mereka ke masyarakat pada umumnya. Disini kompetensi akan terlihat dengan jelas para pengusaha yang memang memiliki kompetensi yang memadai sehingga dapat menarik keinginan para pembeli.

4. Kualitas produk yang lebih baik
Meningkatkan kualitas produk untuk menjadi lebih baik juga merupakan manfaat dari pemasaran global. Para pengusaha akan mencari ide untuk menunjukkan bahwa kualitas produknya meskipun sama tapi memiliki keunggulan dari yag lain. Kualitas produk yang baik tentu akan menjadi incara bagi para peminat dengan harga yang juga terjangkau oleh mereka. Disini pembeli pasti mengincar kualitas produk yang lebih baik dengan harga yang juga bisa mereka beli. Karena ini para pengusaha di minta untuk dapat menjawab dan menemukan solusi dari pernyataan ini.

5. Selera masyarakat
Agar suatu produk laku di masyarakat dalam bidang penjualan maka salah satu langkah yang harus di lakukan adalah memastikan bahwa produk tersebut merupakan selera masyarakat. Disini masyarakan kadang dapat merubah selera sesuai dengan kebutuhan mereka. Selera masyarakat kadang juga cenderung naik dan menurun sesuai dengan pertumbuhan ekonomi. Karena saling berkaitan di sinilah di perlukannya keahlian yang tidak semua pengusaha miliki.

Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global

Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
Hal yang mendorong di antaranya adalah : - kebutuhan dan keinginan pasar - teknologi - perbaikan transportasi - biaya - kualitas - perdamaian global - pertumbuhan ekonomi dunia - mengenali peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global
Hal yang menghambat : - perbedaan pasar - kecadokan manajemen - budaya organisasi - kendali nasional.



Contoh Kasus Pemasaran Global di Indonesia

* Indomie
Produk Indomie | Sumber: tribunnews.com
Produk Indomie | Sumber: tribunnews.com
Produk yang merakyat ini nampaknya juga diterima oleh masyarakat dunia. Bagaimana tidak, Indomie dijual di 80 negara di berbagai benua di dunia. Pertama kali dibuat pada tahun 1970, kini Indomie yang berada ditangan Indofood telah memiliki pabrik di Malaysia, Arab Saudi, Nigeria, Kenya, dan lain sebagainya. Tentu di tiap negara dilakukan kerjasama denga perusahaan lokal, agar membuka akses yang lebih luas pada pasar. Benua Afrika kini menjadi fokus utama dari pengembangan, karena pasar yang begitu potensial disana. Dibuatlah pabrik di Nigeria dan Kenya, yang dapat menjangkau Afrika Barat dan Timur sekaligus. Jumlah investasinya pun tidak main-main, hingga US$ 7,3 juta. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 100 juta bungkus pertahun. Selain Afrika, pasar lainnya cukup besar, mengingat ciri khas yang dibawanya. Selain itu, Indomie juga selalu menjadi produk favorit bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri.


Sumber : Wikipedia, tribunnews.com, https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/inilah-20-perusahaan-indonesia-yang-berhasil-dalam-pasar-global

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasus Pelanggaran Etika Bisnis Pada PT. INDOFOOD (INDOMIE)

Etika Bisnis Norma & Etika Dalam Pemasaran, Produksi, Manajemen SDM, & Keuangan (Financial)

tugas dan wewenang dan tanggung jawab pengurus dalam koperasi